Secara Virtual, Dandim 0410/KBL Ikuti Pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021

Sumateraxpost.com, BANDAR LAMPUNG – Komandan Kodim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes SE MSi MM, mengikuti kegiatan pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2021 secara virtual, di Ruang Vicon Diskominfo Kota Bandar Lampung Jalan Dr Susilo Bandar Lampung, Rabu (3/3/2021).

Rakornas tersebut mengambil tema “Tangguh Hadapi Bencana” dan dibuka sekaligus diresmikan langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa, satu tahun ini kita telah diberi pengalaman dan pelajaran yang luar biasa, bukan hanya bencana alam tapi juga bencana non alam berupa Pandemi Covid-19.

Dalam menghadapi bencana kemanusiaan yang tidak pernah ada pembandingnya dalam sejarah, sisi kesehatan dan ekonomi, ini harus diselesaikan dengan waktu yang bersamaan bukan hanya skala daerah dan nasional tetapi juga skala global,” ujar Presiden.

Lebih dari 215 Negara mengalami hal yang sama yang mengharuskan kita bekerja cepat, berinovatif dan berkolaborasi dengan semua pihak yaitu Negara lain dan lembaga-lembaga Internasional.

“Presiden Jokowi juga mengungkapkan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran BNPB yang telah mendedikasikan seluruh waktunya untuk ikut bekerja menangani dan menyelesaikan krisis sekarang ini,” kata Presiden.

Pengalaman ini, harus kita jadikan sebagai momentum untuk memperkokoh ketangguhan kita dalam menghadapi segala bentuk bencana dan saya melihat kunci utama dalam menghadapi resiko bencana terletak pada aspek pencegahan, serta mitigasi bencana yang selalu saya katakan berulang-ulang yakni pencegahan dan jangan terlambat.

“Ini bukan berarti aspek yang lain dalam memanajemen bencana tidak kita buatkan tapi jangan sampai kita bersifat reaktif saat bencana terjadi. Kita harus mempersiapkan diri antisipasi yang betul-betul terencana dengan baik,” pungkas Presiden Jokowi.

laporan : Herbi/Pendim 0410 KBL.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here