Danrem 044/Gapo Ikuti Apel Siaga Karhutla dan Pencegahan Bencana di Wilayah Sumsel

Sumateraxpost.com, OGAN ILIR – Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji SIP SSos, mengikuti kegiatan apel siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan pencegahan bencana di wilayah Sumsel tahun 2021, di lapangan Kebun Raya Desa Bakung Kecamatan Indralaya Kabupatem Ogan Ilir, Selasa (9/3/2021).

Kegiatan apel tersebut, dipimpin langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru dan dihadiri Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen Pol Dr Eko Indra Heri, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Bupati OKUT H Lanosin, Wakil Bupati OKI Djakfar Shodiq, Plt Bupati Muara Enim, Ketua BNPB Ogan Ilir Jamhuri, Kalaksa BPBD Sumsel H Iriansyah, Asopsdam II/Swj Kolonel Inf Arifin Simanjuntak, Kapendam II/Swj Letkol Caj Drs Jono Marjono, LO TNI AL Kolonel Laut Wirawan Ady Prasetya dan LO TNI AU Kolonel Tek Lili Kriswanto.

Kemudian, dihadiri juga Kasi Intelrem 044/Gapo Kolonel Inf Efran Herruyanto, Kasi Opsrem 044/Gapo Kolonel Inf Ari Sudarsono, Kasi Persrem 044/Gapo Kolonel Inf Hari Widjajayanto, Kajati Sumsel Muhammad Basri Akib, Dandim 0402/OKI Lektol Czi Zamroni, Dandim 0403/Oku Letkol Arh Tan Kurniawan, Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari, Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arm Farid Hidayat, para Kapolres jajaran Polda Sumsel, Dan Pol lanal AL, Dan Pos Lanud AU, Danramil jajaran Dim 0402/OKI,  Kapolsek Indralaya Utara, BPBD Provinsi dan BPBD Ogan Ilir, Dishub Ogan Ilir, Pol PP Ogan Ilir, Manggala Agni Sumsel dan Perwakilan MPA Ogan Ilir.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel H Herman Deru menyampaikan, bahwa Sumsel pada tahun 2021 ini harus lebih intensif melakukan pencegahan Karhutla, agar tidak lagi ada kebakaran lahan di wilayah Sumsel.

“Bukan itu saja, hal itu juga sesuai intruksi Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu dimana setiap Kepala Daerah harus bisa mengantisipasi dan mencegah agar tidak terjadinya Karhutla di wilayah masing-masing, termasuk di Sumsel,” tegas Gubernur.

Lanjut Gubernur, pada prinsipnya, kita harus juga siap menjalankan apa yang menjadi harapan Presiden, mengingat kondisi geografis Sumsel yang memang rawan terjadinya Karhutla dan bencana alam lainnya dan setidaknya kita akan berjuang serta berharap agar di masa mendatang Karhutla dan bencana alam lainnya itu dapat kita antisipasi melalui upaya preventif.

“Sehingga, korban dampak bencana dan kerugian dapat diminimalisir. Oleh karena itu, Sumsel harus lebih siap tahun ini dalam menghadapi musim kemarau yang sangat berpotensi terjadinya Karhutla,” ujar Gubernur.

“Untuk mengantisipasi Karhutla tersebut, harus dilakukan pencegahan sejak dini. Oleh karena itu, kami dari pemerintahan sudah memerintahkan organisasi perangkat daerah terkait untuk lebih dini mempersiapkan diri dalam mengantisipasi Karhutla di Sumsel,” pungkas Gubernur.

laporan : Herbi/Penrem 044 Gapo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here