Pimpin Upacara 17-An, Pangdam II/Swj Bacakan Amanat Kasad

Sumateraxpost.com, PALEMBANG – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, memimpin Upacara Bulanan 17 Januari 2022 yang digelar Kodam II/Swj, di Lapangan Upacara Makodam II/Swj Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Palembang, Senin (17/1/2022).

Dalam kesempatan tersebut, selaku Inspektur Upacara (Irup), Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Dalam amanatnya, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS Angkatan Darat, karena sepanjang tahun 2021 yang lalu, berbagai tugas yang diamanatkan oleh negara, telah dapat kita laksanakan dengan baik.

‘Berbagai tugas seperti pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan Pandemi Covid-19, tugas-tugas perbantuan lainnya, telah menjadi bukti nyata pengabdian kita kepada bangsa dan negara,” ujar Kasad.

Lanjutnya, pencapaian ini tentu harus dapat kita pertahankan dan tingkatkan di tahun ini, karena berbagai agenda yang bersifat Nasional maupun Internasional juga menuntun kesiapan TNI AD di tahun 2022 ini.

‘Untuk menyambut tugas mulia tersebut, maka kesiapan operasional harus terus dipelihara. Di samping itu, program peningkatan profesionalisme Prajurit TNI AD harus menjadi prioritas dalam tahun anggaran 2022,” kata Kasad.

Sebelum mengakhiri amanat ini, Kasad juga menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman bagi Prajurit dan PNS TNI AD, yaitu : 
– Pertama, terus tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

– Kedua, umplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI di manapun bertugas dan berada.

– Ketiga, TNI AD harus hadir di tengah tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

– Keempat, lakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD.

– Kelima, kepada seluruh Dansat jadilah pemimpin yang hebat, karena pemimpin yang hebat pasti dicintai anak buahnya, akan tetapi lebih hebat lagi bila seorang pemimpin mencintai anak buahnya.

– Keenam, mantapkan soliditas dan sinergitas internal TNI dengan komponen bangsa lainnya dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

– Ketujuh, sekecil apapun kebaikan yang kamu lakukan, akan menjadi riak-riak yang tidak berujung, Namun sebaliknya sekecil apapun keburukan yang kamu lakukan akan menjadi awal bagi keburukan-keburukan berikutnya. Jadi teruslah berbuat kebaikan di manapun berada.

Sementara itu, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi dalam arahannya menegaskan, bahwa, sebagai seorang Prajurit dan PNS TNI AD, kehidupan dan pekerjaannya sudah diatur dengan aturan yang sudah ditetapkan. Pangdam menekankan agar aturan tersebut harus diikuti dan dipatuhi serta mencintai pekerjaan itu sebagai Prajurit dan PNS TNI AD.

“Berdosa kalau kita tidak mencintai pekerjaan kita sebagai Prajurit dan PNS TNI AD. Itulah kehidupan kita. Tolong patrikan di dalam dirimu, gelorakan di dalam hati mu bahwa kita ini seorang Prajurit & PNS TNI AD,” tegas Pangdam.

Tampak hadir dalam kegiatan upacara tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko S.E M.B.A, Irdam II/Swj, Kapoksahli Pangdam II/Swj, Para Perwira Staf Ahli Pangdam, Para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalakdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU dan perwakilan para Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS TNI AD wilayah Garnizun Palembang.

Karena masih situasi Pandemi Covid-19, pelaksanaan Upacara yang diselenggarakan Kodam II/Swj tersebut tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Ptokes) yang ketat, dengan memakai masker dan menjaga jarak.

laporan : Herry Eddy/Pendam II Sriwijaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here